3 Advokat Terkenal Di Konawe Selatan

Lawyer adalah bagian dari konsultan hukum, yaitu orang yang memberikan apologi atau memberikan masukan untuk sekelompok yang sedang menghadapi kasus sebuah kriminalitas hukum. Keberadaan advokat dalam disiplin hukum sangatlah krusial. Mereka berperan sebagai seorang pejuang hak asasi bagi narapidana hukum, bersalah maupun yang benar dan sekaligus harus dapat menanggung tanggung jawab sebagaimana kode etik dan sumpah lawyer yang telah diikrarkan.


Nusantara sebagai tanah tumpah darah hukum juga memang bergantung dengan mereka yang memiliki julukan pengacara ini. Beberapa advokat di Nusantara bahkan sempat diperbincangkan disorot media karena kasus yang ditanganinya. Ada yang terkenal karena kasus yang dibawanya sangat ekstrim dan menimbulkan permasalahan dan ada juga yang menjadi popular karena kehebatannya dalam menjadi sosok lawyer. Berikut ini adalah 4 orang advokat termasyhur di ibu pertiwi:

1. Todung Mulya Lubis
Seorang advokat bisnis terkemuka dalam penyelesaian perselisihan di Nusantara ini lahir di Tapanuli, Sumatera pada tahun 1949. Masa mudanya Ia habiskan di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, University of California dan Harvard Law School USA mulai tahun 1974 (UI) – dengan 1990 (USA). Ketika selaku seorang mahasiswa, Dia pernah menjadi aktivis untuk aksi menolak pembangunan Taman Mini Indonesia di jakarta.

2. Adnan Buyung Nasution
Sosok yang juga dikenal dengan panggilan Adnan Bahrum Nasution dilahirkan 20 Juli 1934 adalah seorang penggagas dari organisasi LBH (Lembaga Bantuan Hukum). Ia juga sempat menerima kusri sebagai anggota di Dewan Pertimbangan Presiden Bagian Hukum pada periode tahun 2007 – 2009. Pengacara dan sekaligus aktivis Indonesia ini wafat pada 23 September 2015 di Jakarta, pada umur 81 tahun.

3. Hotman Paris Hutapea
Advokat ini terkenal karena kepiawaian menangani kasus yang kebanyakan menangani para artis Indonesia. Advokat yang dilahirkan pada 20 Oktober 1959 di wilayah Sumatera Utara ini juga memiliki panggilan “The Most Dangerous Lawyer” dan “Bling-Bling Lawyer” oleh media media di Australia. Seseorang yang pernah memiliki profesi di Bank Indonesia selama 1 tahun ini lebih tertarik dalam bidang Law Firm dengan spesialisasi di hukum bisnis internasional.

4. Ruhut Sitompul
Ruhut lahir di Medan, 24 Maret 1954 dan adalah seorang alumni dari Fakultas Hukum Universitas Padjajaran, Bandung pada tahun 1979. Kehadirannya yang mengundang polemik sebagai pengacara di aspek politik sudah membumbungkan namanya di sinetron Indonesia. Ruhut pernah memiliki jabatan dengan menjadi pemimpin DPP Partai Demokrat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*